| INSTRUMEN KAJIAN KRITIS ARTIKEL PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
| No | Aspek Kajian Kritis | Jawaban | Alasan |
| Ya | Tidak |
| ASPEK LINGUISTIK | | | |
| 1 | Apakah artikel menggunakan bahasa yang ilmiah ? | | | |
| 2 | Apakah artikel menggunakan bentuk penulisan ilmiah yang sistematis ? | | | |
| 3 | Apakah artikel memuat metodologi penelitian secara singkat ? | | | |
| 4 | Apakah artikel memuat desain penelitian secara singkat ? | | | |
| 5 | Apakah artikel mencantumkan pendekatan penelitian tertentu ? | | | |
| 6 | Apakah artikel mencantumkan tinjauan teori yang mendukung hipotesa penulis ? | | | |
| ASPEK PEMBACAAN TEKS | | | |
| 1 | Apakah artikel mencantumkan latar belakang penulis ? | | | |
| 2 | Apakah gagasan penulis dalam artikel dapat mudah diterima pembaca ? | | | |
| ASPEK KONTEKS | | | |
| 1 | Apakah artikel memuat gagasan / pembahasan lebih dari satu gagasan ? | | | |
| ASPEK KEPRAKTISAN | | | |
| 1 | Apakah artikel memuat rujukan yang relevan dengan bahasan ? | | | |
| 2 | Apakah artikel membuktikan keakuratan data ? | | | |
| 3 | Apakah cara penulis merujuk suatu rujukan berdasar kaidah kaidah penulisan yang berlaku? | | | |
| 4 | Apakah penulis mencantumkan hasil akhir penelitian dalam artikelnya ? | | | |
| 5 | Apakah penulis perlu menguraikan lagi ide / konsep / hipotesa sehingga lebih dipahami pembaca ? | | | |
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar