Sabtu, 06 November 2010

Proposal PTK

MATERI I:
STUDI KASUS (CASE STUDY), IDENTIFIKASI MASALAH, RUMUSAN MASALAH

A. Contoh Case Study
Mendengar Berita
Oleh Siswati

Pada tanggal 4 Maret 2008,  saya mengajar pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VI.  Selain di kelas VI, saya juga mengajar PKn di kelas V. Di kelas VI, saya dipercayakan sebagai wali kelas. Siswa kelas VI berjumlah 38 orang dengan rincian: 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Sebagai wali kelas, yang tentunya dalam banyak hal saya memiliki kedekatan dengan mereka, saya berkesimpulan bahwa dalam konteks pembelajaran di kelas, hampir semua siswa kelas VI ini cenderung pendiam. Ketika dihadapkan pada kondisi menjawab pertanyaan atau mengajukan pertanyaan, mereka cenderung menunjukkan sikap enggan dan malu.
     Pada jam I, tanggal itu saya mengajar mata pelajaran IPS dengan Standar Kompetensi “Memahami perkembangan wilayah Indonesia, Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua”, Kompetensi Dasar 1.3 Mengidentifikasi benua-benua, serta Indikatornya Mengidentifikasi kenampakan alam dan buatan yang ada di Benua Afrika. Sedangkan tujuan pembelajarannya adalah siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan kenampakan alam dan buatan terkenal di Benua Afrika. Dalam pembelajaran tersebut, saya menerapkan metode pembelajaran kerja kelompok.
Kegiatan awal yang saya lakukan adalah menanyakan kepada anak tentang, Benua Afrika “Pernahkah kamu mendengar atau membaca Benua Afrika? Beberapa siswa menjawab, “Pernah, Bu!”, belum pernah Bu?, Penduduknya yang negro-negro itukah Bu. “Nah, Anak-anak! Kita sekarang akan belajar tentang Benua Afrika, terutama tentang kemampakan alam dan buatan yang ada di Benua Afrika?”
 Selanjutnya, saya membagikan lembar soal kepada setiap kelompok untuk dijawab secara kelompok. (semua siswa di kelas itu sudah dibagi menjadi lima kelompok. Pembagian kelompok ini dilakukan pada awal tahun pelajaran dan bersifat permanen. Artinya, kelompok-kelompok ini bersifat tetap selama duduk di kelas VI).
Setelah itu, saya memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang kenampakan alam dan buatan Benua Afrika secara umum. Hal ini saya lakukan karena semua anak sudah memiliki buku paket dan mereka dapat mempelajari sendiri untuk menjawab lembar soal yang saya bagikan. Secara umum saya menjelaskan materi pelajaran tentang diskripsi kenampakan alam dan buatan, yaitu:
1.    Sungai Nil,
2.    Gurun Pasir Sahara,
3.    Terusan Suez,
4.    Bendungan Aswan, dan
5.    Piramida.
Setelah memberikan penjelasan, saya memperhatikan wajah anak-anak. Dalam pandangan saya, anak-anak sepertinya sudah memahami penjelasan saya. Namun, saya tidak terlalu yakin karena masih terlihat beberapa anak berpura-pura mengambil pulpen untuk segera menulis. Selanjutnya, saya meminta anak-anak bekerja dalam kelompok masing-masing mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan dalam lembar soal tersebut.
Saya memperhatikan anak-anak bekerja dalam kelompok. Teramati oleh saya beberapa orang anak seperti kurang bergairah dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Mereka tampak tidak bereaksi serius terhadap lembar soal yang saya bagikan yang menjadi tugas mereka dalam kerja kelompok. Mereka lebih banyak diam dan tidak mempedulikan lembar soal itu. Namun, ada juga beberapa orang anak yang tampak serius mencermati dan mencari jawaban di buku paketnya.
Sebelumnya, pada pertemuan sebelumnya, pelajaran kemampakan benua Asia dan Australia berita sudah saya ajarkan. Akan tetapi, model pembelajaran yang saya terapkan waktu itu berbeda dengan model pembelajaran yang saya terapkan sekarang. Waktu itu, saya hanya menjelaskan dan meminta anak-anak menjawab soal-soal yang ada pada buku paket. Jawaban ditulis pada buku latihan masing-masing. Saya menyadari bahwa model pembelajaran yang demikian tidak bernuansa PAKEM. Jadi, dalam pembelajaran kali ini saya mencoba melakukan perubahan. Saya melaksanakan pembelajaran dengan membentuk kelompok. Siswa bekerja menyelesaikan tugas dalam bentuk kerja kelompok. Harapan saya, dengan kerja kelompok suasana kelas menjadi tampak lebih hidup. Anak-anak menjadi lebih bersemangat. Akan tetapi, usaha saya itu tidak membuahkan hasil yang maksimal. Suasana kelas tampak kaku dan jauh dari yang saya harapkan. Semua yang saya lakukan tidak mengubah suasana kelas yang kaku itu menjadi hidup. Timbul pertanyaan dalam batin saya, ”Apakah anak-anak bosan?”
Lebih lanjut, saya meminta setiap kelompok mempresentasikan/ membaca-kan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Setiap kelompok yang selesai membacakan hasil kerja kelompoknya, saya berikan tepuk tangan. Saya memperhatikan bahwa hanya beberapa orang anak yang mengikuti saya bertepuk tangan. Sebagian yang lain sepertinya bertepuk tangan pun terlihat enggan.
 Pada saat kelompok 3 membacakan hasil kerja kelompoknya, siswa yang oleh kelompoknya ditunjuk sebagai pembaca, secara kebetulan salah dalam membaca jawaban. Akibatnya, dia ditertawakan oleh kelompok lain sehingga suasana kelas menjadi ribut.  Saya menenangkan anak-anak agar kembali fokus pada pelajaran dan tidak boleh menertawakan teman yang salah. Saya mengatakan, “Jangan tertawa kalau teman salah membaca ya? Dia pasti tidak sengaja.”
Setelah presentasi oleh wakil kelompok, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi klasikal. Dengan penjelasan secara umum dan disertai tanya jawab saya bahas kembali pelajaran kenampakan alam dan buatan Benua Afrika. Setelah beberapa saat, saya merasa senang dan puas. Saya merasa senang dan puas karena melihat wajah anak-anak yang menunjukkan wajah yang telah menguasai materi pelajaran hari itu. Selanjutnya, anak anak saya beri PR untuk menjawab soal-soal yang ada di LKS dan mempelajari lagi materi pelajaran tentang kenampakan alam dan buatan Benua Afrika yang telah saya terangkan dan didiskusikan hari ini, karena minggu depan ulangan.
Minggu berikutnya tepatnya hari Senin, saya membagikan soal-soal ulangan IPS tentang kenampakan alam dan buatan Benua Afrika. Alangkah terkejut dan kecewanya saya melihat hasil ulangan yang telah saya koreksi, yaitu rata-rata kelas 52. Padahal standar ketuntasannya 65. Ada ganjalan di hati saya, “Mengapa hasil ulangan anak-anak jelek?, padahal saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk merancang kegiatan belajar-mengajar dengan cara berkelompok agar anak bergairah dalam mengikuti pelajaran dan diharapkan mendapatkan hasil ulangan yang baik.”


B. Identifikasi Masalah:
1. _______________________________________________________________________
2. _______________________________________________________________________
3. _______________________________________________________________________
4. _______________________________________________________________________
5. _______________________________________________________________________
6. _______________________________________________________________________
7. _______________________________________________________________________
8. dan seterusnya



C. Masalah yang dipilih (Rumusan Masalah):
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________


MATERI II:
RENCANA/LANGKAH-LANGKAH TINDAKAN (KBM)
1. _______________________________________________________________________
2. _______________________________________________________________________
3. _______________________________________________________________________
4. _______________________________________________________________________
5. _______________________________________________________________________
6. _______________________________________________________________________
7. _______________________________________________________________________
8. _______________________________________________________________________
9. _______________________________________________________________________


CONTOH RENCANA TINDAKAN (KBM)

         1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok
             beranggotakan lima anak. Selanjutnya, kelompok ini disebut kelompok awal/asal.
         2. Guru memberikan materi pelajaran (lima materi pelajaran berupa kliping) kepada
             setiap anggota masing-masing kelompok yang berjumlah lima siswa. Mereka
             membaca, mempelajari, dan bertanggung jawab untuk menguasai materi-
             materi tersebut, yaitu:
                        Siswa ke-1, mempelajari materi Sungai Nil
                        Siswa ke-2, mempelajari materi Gurun Pasir Sahara
                        Siswa ke-3, mempelajari materi Terusan Suez
                        Siswa ke-4, mempelajari materi Bendungan Aswan
                        Siswa ke-5, mempelajari materi Piramida
         3. Selanjutnya, setiap anggota dari masing-masing kelompok yang mempelajari
             materi yang sama bertemu untuk membicarakan atau mendiskusikan hal-hal
             yang ada di materi. Selanjutnya, kelompok ini disebut kelompok materi/ahli. Mereka
            juga mendiskusikan hal-hal  yang akan diajarkan ke teman-teman di kelompok
            asal. 
         4. Guru membimbing kelompok-kelompok ahli pada saat mereka melakukan tugas.
         5. Setelah beberapa waktu, mereka kembali dari kelompok ahli ke kelompok asal
             untuk menjadi pengajar secara bergantian bagi temannya di kelompok asal.
         6. Selama siswa mengajar teman kelompok asal secara bergantian, guru
             memperhatikan dan membimbing.
         7. Setiap wakil kelompok asal mempresentasikan hasil saling mengajar, yaitu
             menjelaskan kenampakan alam ataupun kenampakan buatan yang ada di Benua
            Afrika di depan kelas.
         8. Kelompok lain menanggapi atau memberi saran/masukan.
         9. Guru memberi pos tes tentang materi kenampakan alam dan kenampakan
            buatan di Benua Afrika secara individu dengan cara mengerjakan lembar
            penilaian yang berisi butir-butir soal yang relevan.


MATERI III:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) LENGKAP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : _______________________                               
Kelas/Semester                : ____/_______
Alokasi Waktu   : _______________________

I.    Standar Kompetensi
II.  Kompetensi Dasar    
III. Indikator                      

IV. Tujuan Pembelajaran

V.  Materi Pembelajaran

VI. Metode Pembelajaran

VII. Langkah-langkah Pembelajaran (KBM)

VIII. Sumber dan Media Pembelajaran

IX.  Penilaian


 

MATERI IV:
LEMBAR PENGAMATAN TINDAKAN (KBM)

Langkah-langkah tindakan (KBM)
Reaksi siwa
Hal-hal lain yang muncul
Kesimpulan (analisis)
Saran (Rekomendasi)
1
2
3
4
5
1. ...................... .........................
.........................
.........................
.........................

Pengamat 1:
..................
..................
..................

Pengamat 2:
..................
..................
..................

Pengamat....:
..................
..................
..................
Pengamat 1:
..................
..................
..................

Pengamat 2:
..................
..................
..................

Pengamat....:
..................
..................
..................
Pengamat 1:
..................
..................
..................

Pengamat 2:
..................
..................
..................

Pengamat....:
..................
..................
..................
Pengamat 1:
..................
..................
..................

Pengamat 2:
..................
..................
..................

Pengamat....:
..................
..................
..................
2. .............




3. ............




4. ............




5. ............




6. ............




7. ............




8. ............




Dst ...........







MATERI V:
ACUAN TEORI (KAJIAN PUSTAKA)

Komponen (Variabel)
Penelitian
Uraian Pendapat Ahli
Sumber
(Daftar rujukan)
Materi yang akan ditingkatkan hasil belajarnya. (Variabel Y)



Metode/strategi pembelajaran.            (Variabel X)


Hasil-hasil penelitian yang relevan






SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL PTK

Sistematika Penulisan Proposal PTK

Aternatif 1
      Judul PTK
A.    Latar Belakang
B.    Identifikasi Masalah
C.   Pembatasan dan Perumusan Masalah
D.   Pemecahan Masalah
E.    Hipotesis Tindakan
F.    Tujuan Penelitian
G.   Manfaat Penelitian
H.   Definisi Operasional (Batasan Konsep)  
I.      Acuan Teori (kajian pustaka)
J.    Metode Penelitian
            3.1 Rancangan Penelitian
            3.2 Latar dan Subjek Penelitian
            3.3 Teknik Pengumpulan Data
            3.4 Instrumen Penelitian
            3.5 Teknik Analisis Data
      Daftar Pustaka
Jadwal Pelaksanaan Penelitian
Anggaran Penelitian (bila diperlukan)


Alternatif 2
Judul PTK
A.    Bab I Pendahuluan
1. Latar Belakang
2. Identifikasi Masalah
3. Pembatasan dan Perumusan Masalah
4. Pemecahan Masalah
5. Hipotesis Tindakan
6. Tujuan Penelitian
7. Manfaat Penelitian
8. Definisi Operasional (Batasan Konsep)  
B.    Bab II Acuan Teori (kajian pustaka)
C.   Bab III Metode Penelitian
1.    Rancangan Penelitian
2.    Latar dan Subjek Penelitian
3.   Teknik Pengumpulan Data
4.   Instrumen Penelitian
5.   Teknik Analisis Data
      Daftar Pustaka
Jadwal Pelaksanaan Penelitian
Anggaran Penelitian (bila diperlukan)




Sistematika Penulisan Laporan PTK :

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah dan Perumusan Masalah
D. Pemecahan Masalah
E. Hipotesis Tindakan
F. Tujuan Penelitian
G. Manfaat Penelitian
H. Definisi Operasional (Batasan Konsep)

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kajian Hasi Penelitian

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian
B.    Latar dan Subjek Penelitian
C.   Teknik Pengumpulan Data
D.   Instrumen Penelitian
E.    Teknik Analisis Data
F.    Perencanaan Tindakan
G. Pelaksanaan Tindakan
Siklus 1
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi
Siklus 2
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
                                   

2 komentar:

  1. SUDAH BANYAK YA TULISANNYA, SELAMAT BERKREASI, SALAM UNTUK TEMAN-TEMAN DI MOJOWARNO, SUKSES SELALU

    BalasHapus
  2. MENGISI WAKTU YANG TERSISA... P. MASKURI...THANK'S DAH MAU BERKUNJUNG !!

    BalasHapus